Jumat, 18 Maret 2011

Perbedaan Jurusan di Bidang IT








Beberapa perbedaan pengertian dan tujuan dari beberapa fakultas di bidang IT, antara lain:

A. Ilmu Komputer

(Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri. diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

B. Teknik Informatika

Teknik Informatika yang merupakan salah satu disiplin ilmu pada bidang Teknologi Informasi, dikembangkan untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan Teknologi Informasi tersebut guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin beragam dan kompleks. Jurusan Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia akan diarahkan untuk menghasilkan seorang analis berlandaskan pada pengetahuan informatika teoretik dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi on-line yang diharapkan mempunyai kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata . Lulusan Teknik Informatika diharapkan tidak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau membuat program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user dan programmer yang kemudian diterjemahkan dalam sebuah dokumen spesifikasi formal.

C. Sistem Informasi

'Sistem Informasi' jurusan yang pada dasarnya masih berkaitan dengan informatika. Jurusan ini dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan. Bisa dikatakan bahwa sistem informasi merupakan salah satu aplikasi dari Teknik Informatika.

D. Sistem Komputer

Sistem Komputer (Computer Engineering) bertujuan untuk menyiapkan ahli membangun Sistem Komputer terpadu yang mencakup Perangkat Keras (hardware), Peranti Lunak (firmware / software), dan Jaringan Komputer (network). Kurikulum disusun berdasarkan standar internasional yang didukung tenaga dosen ahli dibidangnya serta fasilitas laboratorium yang memadai guna menyiapkan tenaga lulusan yang siap berkompentesi dalam lingkungan global. Sejak 1987 Jurusan Sistem Komputer telah banyak menghasilkan lulusan yang telah bekerja di berbagai bidang industri. diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

(http://muridoke.com/index.php/school/course/10006-001)

E. Software Engineering

Definisi Software Engineering menurut IEEE pada proyek SWEBOK(Software Engineering Body of Konwledge) adalah aplikasi sistematik, disiplin, pendekatan kuantitatif untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan dari software; dapat disimpulkan sebagai teknik aplikasi untuk perangkat lunak. Jadi Software Engineering adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi, desain, implementasi sampai pada pemeliharaan setelah digunakan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, IEEE Computer Society membentuk tim khusus untuk menyusun pohon ilmu software engineering. diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

http://swebook.org

F. Teknologi Informasi

Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan pengetahuannya dalam menyelesaikan masalah keteknikelektroan yang dihadapinya, mengembangkan potensinya untuk mengikuti perkembangan teknologi, dan memiliki integritas, sikap mental, dan profesionalisme yang mendukung profesi yang ditekuninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar